Home » » Objek Wisata Danau Toba

Objek Wisata Danau Toba

Written By Unknown on Saturday, April 6, 2013 | 11:01 PM

Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik bekas kawah letusan gunung terbesar di dunia, dengan sebuah pulau di tengahnya yang diberi nama pulau Samosir. Danau Toba juga salah satu tujuan wisata populer di indonesia, mesti demikian tempat ini sebenarnya tidak terlalu ramai, sehingga cocok untuk anda yang ingin bersantai.


Objek Wisata Danau Toba Indonesia

Danau toba sendiri mempunyai luas kurang lebih 1707 Km persegi, terbentuk dari letusan gunung purba raksasa yang menurut beberapa penelitian disaat letusannya sempat merubah iklim dunia dan membawa dunia ke dalam zaman es. Letusan raksasa tersebut hampir memusnahkan manusia di dunia ini. Peninggalan letusan tersebut masih bisa dilihat berupa kaldera terbesar di dunia yang saat ini terisi air menjadi danau Toba. Pulau samosir adalah bagian kaldera yang tidak terendam air, terletak di tengah-tengah danau Toba dan merupakan pusat dari kebudayaan Batak.

Untuk sampai di danau Toba kita bisa menggunakan beberapa jalan alternatif seperti :
  1. Dari kota Medan anda bisa menuju Parapat dengan lama perjalanan sekitar 5 Jam. 
  2. Apabila anda tiba di Medan menggunakan pesawat terbang, dari bandara pertama anda harus menuju terminal Bus Amplas menggunakan kendaraan umum No 64 dengan harga Rp. 3000 / Orang. 
  3. Dari terminal Amplas ambil Bus menuju Parapat dengan tarif sekitar Rp. 22.000 / Orang. 
  4. Apabila anda ingin lebis simple, anda bisa menyewa mobil dengan tarif sekitar Rp. 450.000 sudah termasuk driver dan bahan bakar, atau bisa menggunakan Taxi.
  5. Dan Alternatif lain menuju danau Toba ialah dengan menggunakan kereta api. Perjalanan menggunakan kerteta api menuju Pematang Siantar atau Tebing Tinggi menyguhkan pemandangan yang tak akan terlupakan, sangat indah. Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan ke Parapat dengan menggunakan Taxi.
Pemandangan eksotis lain akan anda dapatkan ketika anda menaiki ferry menuju pulau samosir, suasana yang memberikan ketenangan batin. Selama perjalanan anda bisa menikmati jajanan yang banyak dijajakan oleh pedagang asongan yang ramah.

Selain menikmati keindahan alam dan danau serta keramahan penduduknya, selama berada di Samosir anda bisa melihat objek wisata lain seperti melihat kuburan batu, Simando, Ambarita (meja batu tempat hukuman tradisional Batak) atau berenang di kolam air panas alam.

Menurut penelitian, danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi super (gunung toba) yang meletus sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan itu menyebabkan kematian jutaan manusia dan kepunahan berbagai spesies di sekitarnya. Letusan itu juga mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca dan mulainya zaman es.

Danau Toba bila dilihat lebih mirip dengan laut dikarenakan memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Kita patut bangga karena danau Toba ini merupakan terbesar di Asia dan yang paling dalam di dunia dengan kedalaman505 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika.

Air Terjun Sipiso-piso

Di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yaitu pulau Samosir yang berada di ketinggian 1.000 meter dpl.Uniknya lagi di pulau Samosir sendiri terdapat dua danau nan indah yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bila sobat berwisata kesini, sobat bisa menemukan beberapa air terjun yang mempesona dan juga tempat pemandian air belerang yang berkhasiat dalam penyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Daerah sekitar danau Toba memiliki hutan - hutan pinus yang tertata rapi dan asri. Disana sobat juga bisa mengunjungiTanjung Unta, dinamakan demikian karena daratan tersebut menjorok ke danau dan berbentuk punggung unta. Selain panorama danau dan pulau Samosirnya, sobat bisa menikmati keindahan alam pedesaannya yang masih asri.

Danau Toba memang tempat wisata yang cocok untuk kita melepas lelah dan refreshing karena danau ini terletak pada ketinggian 900 meter dpl maka udaranya sejuk dan segar. Disini sobat bisa menikmati keindahan alamnya dengan berbagai cara seperti mendaki gunung, berenang, perahu layar dan lainnya. Untuk akomodasi sobat tak perlu kuatir karena disini sudah tersedia banyak hotel dan penginapan yang bisa sobat pilih sesuai kantong. 

Sebagai saran bila sobat ingin berwisata kesini, lebih baik singgah ke kota Parapat. Di kota ini sobat bisa melihat keindahan danau Toba dengan lebih jelas. Kota Parapat juga merupakan kota pariwisata di Sumatera Utara. Dan dari kota Parapat menuju obyek wisata danau Toba juga lebih mudah. Untuk menuju ke pulau Samosir dari kota Parapat sobat bisa naik kapal ferry dengan ongkos Rp 7.000 per orang. Semoga liburan di Danau Toba menyenangkan.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : MWI | Objek Wisata Indonesia | Mega Wisata Indonesia
Copyright © 2013. Mega Wisata Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MWI Template
Proudly powered by Blogger